PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN (BDP)


FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN

UNIVERSITAS KHAIRUN

TERNATE

2011

Coenobita variabilis (Kepiting Pertapa)

Kepiting pertapa selalu membawa kerang di punggung mereka. Seperti kepiting lain, mereka yang berkaki sepuluh (berkaki sepuluh) krustasea. Panggilan ini jenis kepiting “pertapa” hidup berkoloni. Perkelahian sesekali istirahat di antara kepiting ini ketika mereka mengatasi cangkang dan mencari yang lebih besar untuk ditinggali. kepiting pertapa membela cangkangnya, lalu mundur ke dalamnya, hanya menyisakan cakar kiri untuk melakukan pertempuran. Selain pertahanan, cakar ini digunakan untuk memanjat, sementara cakar, lebih kecil tepat digunakan untuk makan dan minum.

1. Objek Gambar Coenobita variabilis


2. Klasifikasi Coenobita variabilis

Kindom : Animalia

Phylum: Arthropoda

Class     : Crustacea

Subclass: Malacostraca

Ordo     : Decapoda

Famili : Coenobitidae

Genus : Coenobita

Spesies: Coenobita variabilis

3. Ciri-ciri Morfologi dan Anatomi Coenobita variabilis

Kepiting pertapa tanah Australia (Coenobita variabilis) mencapai panjang karapas dari 40 milimeter (1,6 in) Mereka sangat mirip dengan kepiting pertapa Pasifik (Coenobita compressus)dari segi bentuk dan penampilan . Mereka berdua memiliki tahap pertumbuhan yang singkat di air. dan warna tubunya coklat muda pucat, dengan dua oval gelap di bagian depan kepala. Mata mereka menonjol kedepan dan warna yang sama seperti tubuhnya. cakar Masing-masing memiliki garis vertikal gelap. Mereka memiliki bintik-bintik coklat gelap di seluruh kaki. Bentuk Perutnya adalah pendek dan gemuk.

Mereka memiliki bagian-bagian tubuh lembut di ujung belakang tubuh mereka, termasuk, panjang, perut melengkung yang berisi hati dan gonad. Bagian luar tikungan perut telah pelengkap kecil yang memungkinkan kepiting untuk berpegang pada bagian dalam shell. Pasangan 4 dan 5 kaki dikurangi dalam ukuran untuk tujuan ini. The Terrestrial Hermit Crab memiliki duri lebih sedikit pada karapas dan kaki dari kelomang lain. eyestalks mereka dikompresi dari sisi ke sisi. Batang anennule sangat panjang tetapi antena (flagela) yang pendek dan dikompresi dari sisi ke sisi (Jones & Morgan).

4. Sistem Reproduksi dari Coenobita variabilis

Coenobita variabilis terjadi kopulasi, beberapa jenis membentuk spermatofora dan betina mempunyai seminal receptacle. Sepasang testis atau ovari terletak dalam thorax, dan memanjang sampai bagian anterior abdomen. Coenobita variabilis memperlihatkan perbedaan jenis jantan dan betina, misalnya hewan jantan lebih kecil daripada yang betina, atau salah satu capit pada jantan besar sekali sedangkan pada betina capitnya kecil, atau jantan mempunyai warna lebih indah.

Membedakan jenis kelamin jantan atau betina, bisa dilihat dari ada atau tidaknya gonopores (keliatan spt titik) yang terletak pada pangkal kaki belakang sebelah dalam (setelah capit, ada 2 pasang kaki yang terliahat, ini maksudnya kaki terliahat yang paling belakang). Kalau ada, berarti betina.  Lalu pada betina, mereka juga memiliki pleopods yang terletak pada perut, fungsinya untuk memegang telur. Jika kita melihat seekor kelomang, kedua alat reproduksi ini tentu saja tidak akan dapat langsung terlihat.

Kepiting Pertapa betina akan melepaskan telurnya di air laut. Telur tersebut akan menetas menjadi zoeae, binatang kecil termasuk plankton dan berenang dalam air laut.  Mereka mengalami beberapa kali molting di dalam air laut sampai akhirnya bermetamorphosis menjadi kelomang darat ukuran sangat micro.  Setelah menjadi kelomang darat, mereka harus mencari cangkang/shell untuk melindungi perut yang lunak.  Mereka akan tumbuh lebih besar melalui proses molting dan mereka akan memerlukan shell yang lebih besar.

5. Daur Hidup atau Siklus Hidup Dari Coenobita variabilis

Awal dilahirkan, kelomang berbentuk larva yang dilarung ke laut oleh induknya. Sejak bisa merayap, ia menggunakan cangkang pinjaman dari siput. Setiap cangkang itu mulai kesempitan atau tidak nyaman, ia akan mencari cangkang baru yang berukuran lebih cocok, makanya jangan heran kalau dia bisa berbaju bekicot, atau bahkan benda-benda lain seperti botol balsam, kaleng susu atau lainnya. Intinya, asal pas dan nyaman dipakai, pasti langsung dibawa.

Kelomang bukan binatang peliharaan yang rewel, biasanya tuntutan hidup kelomang sangatlah mudah, yaitu tempat yang nyaman dan bersih. Selain itu, tempat tinggalnya wajib memiliki dasar dari pasir yang kering dan lembut, dan memiliki tempat bersembunyi yang memadai.

6. Distribusi atau Penyebaran Coenobita variabilis

Coenobita variabilis dapat ditemukan hingga 100 m atau lebih dari pantai, biasanya dekat hutan bakau, tetapi juga pada pasir dan pantai berbatu. Coenobita variabilis sangat aktif pada malam hari untuk mencari makanan, Coenobita variabilis tertarik pada bahan yang membusuk, seperti ikan mati di pantai, dan bahkan sampah rumah tangga. Mereka dapat hidup lebih dari satu dekade. Habitat aslinya di Australia Utara, dari Teluk Exmouth ke utara Queensland. Mereka dijual secara komersial sebagai hewan peliharaan rumah tangga.